Klub Dengan Penghasilan Tertinggi di Dunia


Inilah 10 Klub Paling Berharga Di Dunia Versi Forbes

Lima tim Inggris, dua tim Spanyol, dua tim Italia dan satu tim Jerman.

Bagi tim-tim raksasa dunia sepakbola, kemenangan di atas lapangan sama saja dengan kejayaan dalam hal keuangan. Kali ini, tidak ada tim yang lebih baik dari Real Madrid soal hal tersebut. Untuk pertama kalinya, sejak Forbes mulai melacak nilai klub sepakbola pada tahun 2004, Manchester United tak memegang tampuk kekuasaan.

Fakta ini bukan kesalahan The Red Devils, hanya saja Los Merengues kian besar, lebih untung dan tumbuh lebih cepat dari United. Lalu siapa saja 8 klub terkaya di dunia lainnya? Berikut sajian dari Forbes:

10. Liverpool

Tak bisa dipungkiri bila Steven Gerrard dkk. tengah minim gelar, namun hal tersebut tak membuat pemasukan The Reds berkurang. Faktor sejarah membuat sejumlah besar fans akan tetap setia – menjadi salah satu sumber pendapatan – serta mempertahankan status The Anfield Gank sebagai salah satu klub terbesar di dunia.

Liverpool menandatangani kontrak kesepakatan selama enam tahun bersama Warrior Sports tahun lalu. Anak perusahaan New Balance ini sukses menggantikan Adidas sebagai pemasok peralatan olahraga dengan nilai 39 juta Dollar per tahun.

9. Manchester City

Juara bertahan Liga Primer Inggris masuk dalam daftar ini setelah absen selama beberapa tahun. Penyebab utama terjadi pada bulan Agustus 2008 ketika Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan membeli klub Manchester tersebut.

Kelompok investor dari Abu Dhabi kini menuai manfaat dari penanaman modal besar. Meski kerap mendatangkan pemain bintang dan operating income berada di titik minus, City tetap menjadi salah satu klub terkaya di dunia.

8. Juventus

Klub Italia milik keluarga Agnelli tengah menikmati masa gemilang. Juventus sendiri tengah nyaman di papan klasemen Serie A untuk sementara dan tampak siap mempertahankan gelar juara musim lalu.

Nilai klub ini merambat naik sejak tahun lalu. Sebagian besar berkat sukses mereka di ranah domestik. Walau La Vecchia Signora memiliki revenue terendah pada musim 2011-2012 dibandingkan klub lain dalam daftar ini, mereka mampu bertengger di peringkat kedelapan.

7. Chelsea

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kali ini The Blues berhasil mengambil lompatan lebih jauh. Chelsea menjadi tim Inggris terkaya ketiga berkat gelar juara yang begitu memengaruhi pendapatan mereka: Liga Champions.

Gelar tersebut berhasil memadamkan dahaga sang pemilik asal Rusia, Roman Abramovich, setelah Chelsea mengandaskan Bayern Munchen di babak final. Selain itu, pemicu bertambahnya kekayaan klub London ini adalah titel Piala FA musim lalu. Total hadiah dua kompetisi tersebut adalah 76 juta Dollar.

6. AC Milan

Klub terkaya Italia ini masih dikuasai oleh mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi. I Rossoneri adalah tim yang mengesankan dan sangat kompetitif, tetapi tahun lalu kita melihat sendiri bagaimana Juventus mengakhiri musim di puncak klasemen Serie A.

Penurunan kualitas pula yang membuat pendapatan klub pemegang tujuh gelar Liga Champions ini menurun. Kunjungan suporter ke San Siro menurun sekitar 10% di musim 2011-2012 dengan rata-rata hadirin 48.500 orang.

5. Bayern Munchen

Tim terbesar di Jerman begitu kompetitif musim lalu dengan bertengger di papan atas klasemen Bundesliga serta mencapai final kompetisi Eropa. Saham Die Roten dimiliki oleh para anggota suporternya yang berjumlah besar. Jika menambahkan kesuksesan mereka di atas lapangan hijau, maka tak heran jika klub ini bertambah besar dari segi keuangan.

Sepakbola Jerman nyaris berada di bawah monopoli Bayern. Namun, Anda harus mengakui Borussia Dortmund adalah pesaing kuat mereka dalam beberapa tahun terakhir – tidak untuk musim ini. Finis di peringkat kedua Bundesliga dan Liga Champions musim lalu membuat The Bavarians mendapat kenaikan distribusi pendapatan dari UEFA sebesar 19%. Wujudnya adalah uang senilai 56 juta Dollar.

4. Arsenal

Lagi-lagi klub asal Britania. Status Arsenal sebagai salah satu tim sepakbola terkaya masih tetap aman meski penampilan mereka di atas lapangan tak cukup meyakinkan untuk menjuarai satu kompetisi pun dalam delapan tahun terakhir.

Tim asuhan Arsene Wenger masih berstatus tim hebat di dunia sepakbola berkat kekuatan finansial mereka. The Gunners mendapatkan uang masuk dari penjualan tiket senilai 149 juta Dollar selama musim 2011-2012. Silakan berterima kasih kepada kapasitas Emirates Stadium: 60.400 kursi. Jangan lupakan pendukung setia mereka.

3. Barcelona

Barcelona adalah klub terkaya ketiga di dunia. Bila mempertimbangkan kemampuan mereka lewat sejumlah gelar dalam beberapa tahun terakhir, hal tersebut tidak mengejutkan. Jumlah fans mereka meningkat drastis, tentu saja berkat limpahan titel juara.

Punggawa-punggawa El Blaugrana bisa disebut sebagai yang terbaik di dunia. Hal tersebut menjadi kunci mengapa tim asal Catalan bisa melesat ke dalam jajaran tim kaya. Kesepakatan sponsorship dengan Qatar Sports Investments, bisa dilihat wujudnya di jersey Barca, bernilai rata-rata 38 juta Dollar per tahunnya hingga musim 2015-2016.

2. Manchester United

Untuk pertama kalinya sejak majalah Forbes rutin membuat daftar ini, Manchester United tidak berada di posisi teratas. Keluarga Glazer mungkin bisa sedikit tenang karena klub milik mereka masih menjadi salah satu yang termakmur.

Kekayaan The Red Devils bisa bertambah berkat kesepakatan kerja bersama General Motors, tepatnya brandChevrolet milik mereka. Di atas seragam United akan tertera logo Chevrolet mulai musim 2014-2015 dengan bayaran 70 juta Dollar. Selama tujuh tahun ke depan, total 559 juta Dollar akan diraup oleh klub Manchester ini.

1. Real Madrid

Real Madrid akhirnya menuai peningkatan signifikan musim lalu dengan menjadi klub terkaya di dunia. Penghasilan Los Blancos menjadi yang terbesar meski krisis ekonomi tengah melanda Spanyol. Presiden Madrid, Florentino Perez, juga tak punya masalah untuk mengucurkan uang demi pemain-pemain ternama.

Keberhasilan Los Merengues memenangi gelar ke-32 pada musim 2011-2012 serta memperpanjang kontrak dengan Adidas hingga musim 2019-2020 dengan bayaran senilai 40 juta Dollar per tahun menjadi sebab utama kekayaan tim ibu kota Spanyol ini meningkat.

sumber : mysupersoccer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s