Makalah Komunikasi Bisnis


KONSEP DASAR DAN PERANAN KOMUNIKASI

Komunikasi merupakan suatu kegiatan menusia untuk berhubungan satu dengan yang lain secara otomatis. Sehingga sering terlupakan bahwa keterampilan berkomunikasi adalah merupakan suatu hasil dari belajar manusia. Komunikasi pada umumnya diartikan sebagai hubungan atau kegiatan-kegiatan yang kaitannya dengan masalah hubungan atau diartikan pula sebagai saling tukar menukar pendapat. Komunikasi dapat juga diartikan hubungan kontak antara manusia baik individu maupun kelompok. Menurut James A. F. Stoner (Manajemen), Komunikasi adalah proses dimana seorang berusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan. Oleh karena itu komunikasi merupakan dasar tindakan serta dasar kerjasama maka hanya adanya kesepakatan atas dasar tindakan serta kerjasama itulah kegiatan yang ada di dalam setiap lingkungan dapat berlangsung secara harmonis.

TUJUAN KOMUNIKASI

Yang menjadi tujuan dari setiap proses komunikasi adalah :

  1. Menciptakan pengertian yang sama atas setiap pesan dan lambing yang disampaikan
  2. Merangsang pemikiran pihak penerima untuk memikirkan pesan dan rangsang yang diterima.
  3. Melakukan tindakan yang selaras sebagaimana diharapkan dengan adanya penyampaian pesan tersebut yaitu untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
  4. Memahami orang lain, kita sebagai komunikator harus mengerti benar aspirasi masyarakat tentang apa yang diinginkan, jangan mereka menginginkan kemauannya…………………..,

………………………………. Klik Disini Untuk Materi Lengkapnya Komunikasi Bisnis

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s